INFO ODONG-ODONG, SILAHKAN HUBUNGI ADMIN
SMS : 08997406556
TELEPON : 081381180643
Home » , » Ini Pentingnya Padamkan Lampu Saat Tidur

Ini Pentingnya Padamkan Lampu Saat Tidur


RABU, 27 JUNI 2012 18:20 wib


Gustia Martha Putri - Okezone

detail berita
Mematikan lampu sebelum tidur (Foto: Corbis)
MENGGUNAKAN lampu setiap tidur, tak hanya membantu meningkatkan kualitas tidur. Memadamkan lampu saat tidur juga memengaruhi hormon-hormon dalam tubuh.


"Saat tidur dengan lampu terang, hormon kortisol akan naik. Kortisol ini adalah hormon stres. Jika hormon ini semakin tinggi, memengaruhi hormon-hormon lain dalam tubuh. Salah satu akibatnya menyebabkan resistensi insulin (penyebab diabetes). Baik tidur malam, tidur di siang, atau sore hari," tutur Astri Kurniawati, M.Si, Manager of Nutrition and Health Science Department, Nutrifood Research Centre, dalam diskusi media dan Nutrifood dengan tema Diabetes Attacks Younger People di fX Plaza, Jakarta, Rabu (27/6/2012).


Astri menjelaskan bahwa dalam tubuh manusia, hormon insulin dan kortisol merupakan hormon utama. Insulin bertanggung jawab untuk mengendalikan gula darah dan kortisol dianggap sebagai hormon pemicu stres.


"Ketidakseimbangan jumlah kedua hormon utama dalam tubuh ini menyebabkan tubuh tidak dapat menyeimbangkan hormon lainnya, seperti estrogen, progesteron, dan testosteron. Sehingga setiap orang dianjurkan untuk memiliki tidur malam berkualitas yang dimulai sebelum pukul 23.00 dapat membantu tubuh menyeimbangkan hormon-hormon di dalamnya," jelas Astri.


Astri juga menginformasikan bahwa orang yang tidur empat jam sehari selama enam hari berturut-turut sudah memberi efek ke insulin.


"Jadi, waspada bagi yang sekarang lagi gemar begadang nonton bola," tutupnya. (ina)
(tty)
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Saya membutuhkan kritik dan saran anda mengenai Blog saya dan Artikel ini
Tolong gunakan bahasa yang sopan!
Terima Kasih.
:)

Klik iklan dibawah untuk donasi ke blog ini sebesar Rp300 (Hanya berlaku sekali) Terima kasih! :))

Translate here

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Roda Hidup Odong-Odong - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger