INFO ODONG-ODONG, SILAHKAN HUBUNGI ADMIN
SMS : 08997406556
TELEPON : 081381180643
Home » » Pengendali Motor DC dengan Mikrokontroler AT89S52

Pengendali Motor DC dengan Mikrokontroler AT89S52


Menyambung artikel saya sebelumnya yang ini. Saya akan membagikan pengalaman Uji Kompetensi Kejuruan TEI saya kepada dunia. ahahah Dalam UKK tahun ini ternyata membuat rangkaian pengendali motor dc dengan mikrokontroler at89s52 plusbuat programnya. Disini saya menggunakan driver H-Bridge untuk pengendali arah putar motor.


Gak usah panjang lebar, disini saya akan perlihatkan skema rangkaian dan listing programnya. Layout PCBnya saya gak perlihatkan karena malu aja banyak yang udah expert dalam pembuatan layout.. ahahah


SKEMA
klik untuk memperbesar gambar











Dan ini listing programnya :




$mod52


;-------------------------------------------------------;
; PROGRAM : Rangkaian pengendali motor dc  ;
;   dengan mikrokontroler at89s52 ;
; CREATED BY : IRFAN ZIDNY ;
; CLASS/DEPT : XII-TEI ;
; DATE : 02 MARET 2012 ;
; EVENT : UJI KOMPETENSI KEJURUAN TEI 2012 ;
;-------------------------------------------------------;
ORG 00H
JMP START


sw1 equ p0.0
sw2 equ p0.1
sw3 equ p0.2


start:
mov p2,#11111100b      ;matikan semua led indikator dan output ke motor dc
jnb sw1,left
jnb sw2,right
jnb sw3,stop
jmp start


left:
setb p2.1          ;aktifkan transistor di p2.1 sehingga motor putar kiri
clr p2.7          ;buat lampu indikator motor putar kiri di p2.7 kedip2
call delay
setb p2.7
call delay
jnb sw3,stop
jmp left


right:
setb p2.0         ;aktifkan transistor di p2.0 sehingga motor putar kanan
clr p2.5         ;buat lampu indikator motor putar kanan di p2.5 kedip2
call delay
setb p2.5
call delay
jnb sw3,stop
jmp right


stop:
mov p2,#10111100b     ;matikan semua output ke motor dan nyalakan lampu indikator stop
jnb sw1,start
jnb sw2,start
jmp stop


delay:
mov r0,#0
del2: mov r1,#0
del: djnz r1,$
djnz r0,del
ret

end




kalo bingung kenapa begini, kenapa begitu. kenapa tidak begini aja, kenpa tidak begitu aja. silahkan komen disini !
Share this article :

2 comments:

Saya membutuhkan kritik dan saran anda mengenai Blog saya dan Artikel ini
Tolong gunakan bahasa yang sopan!
Terima Kasih.
:)

Klik iklan dibawah untuk donasi ke blog ini sebesar Rp300 (Hanya berlaku sekali) Terima kasih! :))

Translate here

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Roda Hidup Odong-Odong - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger